Cara upgrade Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 22.04 LTS

27 Apr
image source: omgubuntu.co.uk

Ubuntu 22.04 LTS telah resmi dirilis oleh Canonical pada 21 April 2022 dengan beberapa fitur baru dan peningkatan yang signifikan dari versi sebelumnya. Ubuntu 22.04 LTS mempunyai nama kode “Jammy Jellyfish“. Pada artikel ini akan membahas bagaimana cara upgrade Ubuntu 20.04 LTS ke Ubuntu 22.04 LTS melalui terminal.

Sebelum melakukan upgrade, disarankan mengubah server repositori ke mirror di Indonesia agar proses download repo lebih cepat dan hemat bandwidth :)). Saya menggunakan repository dari dari AMSCLOUD yang cukup reliable dan berada di urutan nomor 1 list mirror Ubuntu di Indonesia (saat artikel ini ditulis).

Berikut cara ubah mirror standar Ubuntu ke mirror lokal Indonesia:
1. Periksa server mirror Ubuntu yang sedang digunakan:
# cat /etc/apt/sources.list |grep -v ‘^#’

Mirror standar yang ada diserver saya adalah id.archive.ubuntu.com dan akan diubah ke mirror.amscloud.co.id.

2. Ubah mirror Ubuntu ke mirror lokal menggunakan perintah “sed”:
# sed -i ‘s/id.archive.ubuntu.com/mirror.amscloud.co.id/g’ /etc/apt/sources.list

Hasilnya:

Setelah mirror berhasil diubah, jalankan perintah apt update dan apt upgrade untuk memastikan server mendapat update terbaru dari Ubuntu 20.04 LTS:

# apt update && apt upgrade -y
# reboot

3. Lalu mulai upgrade Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 22.04:
# do-release-upgrade -d

Dari perintah diatas akan muncul tampilan dibawah ini:

4. Pada baris “Continue [yN] Details [d]” silahkan tekan “y” dan enter untuk melanjutkan dan akan muncul tampilan konfirmasi dibawah ini setelah selesai download paket Ubuntu 22.04 LTS:

Berhubung server ini bukan server production maka saya pilih “yes” agar tidak perlu konfirmasi untuk perubahan versi aplikasi yang terinstall pada saat upgrade Ubuntu.

5. Muncul halaman konfirmasi pilihan konfigurasi SSH server pada saat upgrade dan saya memilih untuk menggunakan konfigurasi lama, pilih “Ok” lalu enter.

6. Tunggu prosesnya hingga muncul konfirmasi dibawah ini:

Tekan “y” untuk mengkonfirmasi bahwa ada 74 paket aplikasi yang akan dihapus pada saat upgrade Ubuntu. Setelah proses upgrade selesai maka akan ada pertanyaan terakhir untuk reboot server, silahkan tekan “y” dan enter.

Setelah server up maka proses upgrade telah selesai, dan mari periksa apakah upgrade Ubuntu sudah berhasil? Gunakan perintah dibawah ini:

# uname -r
# cat /etc/lsb-release

Akhirnya upgrade Ubuntu 20.04 ke Ubuntu 22.04 LTS berhasil!

Disclaimer: proses uprgade Ubuntu diatas dilakukan diserver yang tidak digunakan sebagai produksi, silahkan backup data sebelum melakukan proses upgrade. Kerusakan atau kehilangan data akibat mengikuti langkah diatas ditanggung masing-masing ya 🙂



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.