Rekomendasi klakson mobil

24 May

Rekomendasi klakson mobil ini saya tulis setelah mencoba beberapa merk klakson aftermarket. Bagi beberapa orang dan saya salah satunya, klakson mobil adalah bagian penting yang harus disesuaikan dengan selera. Sejak memiliki mobil saya menggemari suara klakson mobil bmw yang suaranya sangat khas. Setidaknya jika belum mampu membeli mobilnya, beli dulu klaksonnya :d.

Ada baiknya kita mengenal karakter klakson sebelum membeli dan memasangnya. Klakson keong mempunyai banyak kelebihan, diantaranya mempunyai banyak varian suara mulai dari single tone, double tone, dan multiple tone seperti telolet om telolet. Selain itu, klakson keong juga mempunyai suara yang lebih lantang dibandingkan dengan klakson single disc.

Kekurangan klakson keong adalah tingkat ketahanannya, klakson tipe ini tidak tahan air dan akan langsung rusak jika terkena air sewaktu mencuci atau terkena banjir. Untuk menghindari kerusakan klakson akibat air maka pemasangan pun harus diperhatikan, alangkah baiknya jika ada cover pelindung air.

Beberapa merk klakson yang telah saya coba beberapa tahun terakhir adalah FER, FIAMM, BOSCH, HELLA. Berikut review klakson tersebut:

FERKlakson FER, saya menggunakan klakson ini ketika pertama kali mengganti klakson standar mobil. Klakson mobil merk ini mempunyai karakter suara dominan tinggi (510 Mhz) sehingga suara rendah (low tone) terdengar samar2 saja. Suaranya yang didominasi nada tinggi membuat klakson ini lebih sporty. Cukup puas dengan performa suaranya yang lantang dan memang sedikit mirip dengan klakson BMW. Klakson mobil merk ini memang paling banyak muncul ketika kita mencari di google dengan kata kunci “klakson bmw”.

FIAMMKlakson FIAMM, banyak yang bilang klakson merk FIAMM digunakan oleh mobil BMW dan juga Mercedes. Saya menggunakan klakson ini setelah klakson FER saya rusak (1 tahun) akibat kena semprot air sewaktu mencuci. Karakter klakson mobil merk ini suaranya lebih halus / rendah daripada FER dan lebih mirip dengan mobil-mobil Mercedes. Suaranya yang lebih halus dan kalem terdengar lebih elegan dibanding  FER yang cenderung lebih tinggi.

BOSCHKlakson BOSCH, klakson mobil merk ini tidak berbeda jauh dengan merk FIAMM dan memiliki karakter suara yang halus. Suaranya yang halus disebabkan oleh dominasi nada rendah pada setiap pasang klakson mobil ini. Saya menggunakan klakson ini sekitar 3 bulan karena rusak terkena air. Secara performa klakson ini sama sekali tidak ada masalah dan yang menjadi masalah bagi saya adalah banyaknya pengguna klakson ini membuat saya lebih memilih klakson merk lain.

HELLA Twin ToneKlakson HELLA, klakson mobil merk ini juga sebelas dua belas dengan BOSCH dan hanya saya gunakan sebentar saja karena suaranya yang sudah banyak dan sering beredar dijalanan.

Saya berganti-ganti klakson bukan karena sengaja ingin mencoba, tapi karena kebetulan klakson yang terpasang dimobil mengalami kerusakan. Kebetulan saat ini saya sedang menunggu klakson BMW (genuine), nah nanti setelah klakson tersebut terpasang akan saya bahas di blog ini.

Disclaimer: Semua tulisan diatas adalah pendapat subjektif saya pribadi dan tidak bermaksud menurunkan atau menaikan reputasi salah satu merk klakson aftermarket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*