Lampu HID bermasalah

16 Oct

Sudah sekitar 2 tahun ini lampu mobil saya menggunakan HID dengan projector dan tidak pernah ada masalah sebelum-sebelumnya hingga beberapa waktu lalu lampu utama sebelah kiri mati. Tanpa pikir panjang saya beli ballast 1 unit ballast Hyluxtek ASIC Chip 35 Watt setelah sebelumnya menggunakan Moris 35 Watt.

Setelah terima barang dan coba pasang tapi tidak berfungsi maka keesokan harinya pergi ke bengkel penjual untuk coba dipasang. Pemasangan di bengkel berjalan lancar dan ternyata ketika saya pasang kutub listriknya terbalik. Akhir si mata genit bisa kedip-kedip lagi :d. Tapi..

Tadi malam kebetulan saya pergi makan sekalian test lampu dan masalah baru muncul, secara tiba-tiba lampu saya yang baru diganti ballast-nya mati sendiri. Lampu bisa nyala kembali setelah saya restart (mati hidupkan lampu utama), tapi selah beberapa saat kemudian lampu kembali mati dan begitu seterusnya.

Dari hasil search dan juga tanya ke installer lampu mobil, indikasi tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh ballast. Sementara kabel set, relay, dan bulb (bohlam) mempunyai kemungkinan kecil karena jika ketiga barang ini yang bermasalah maka efeknya adalah mati total dan tidak hidup mati seperti sekarang ini.

Setelah komplain ke bengkel untuk minta ganti/tukar ballast ditolak, akhirnya saya harus ke bengkel lagi hari sabtu esok untuk test ballast. Sementara menunggu hasilnya dan semoga ballastnya baik-baik saja :). Update soon..

——————

Akhirnya hari ini ke bengkel headlamp di daerah pondok gede dan disana ballast hyluxtek sudah ditest langsung terhubung ke PSU tanpa kabel set selama sekitar 30 menit dan kondisi normal (tidak mati sama sekali). Berhubung kabel set yang terpasang sudah cukup lama maka saya putuskan untuk membeli kabel set baru. Setelah kabel set baru selesai terpasang, ballast yang sebelumnya ditest dipasang ke mobil sebelah kiri (sebelumnya kanan).

Selanjutnya ditest dengan menyalakan lampu nyala di mobil selama sekitar 30 menit dan hasilnya normal (tidak mati sama sekali), semoga memang kabel set yang bermasalah. Rencana minggu depan adalah beli 1 unit ballast untuk mengganti ballast lama sebelah kanan dan kedua bulb H1 (bohlam) yang kinerjanya sudah mulai menurun. Oya, bagi yang mau membeli ballast Hyluxtek type A2088 35 Watt bisa diperoleh dengan budget 300-450 ribu bergaransi 1 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*